6 Cara Ampuh Dalam Meningkatkan Trafik Blog Secara Drastis


Apakah Anda frustrasi karena trafik blog yang rendah? Jangan khawatir. Dalam postingan ini, saya akan membagikan 6 cara untuk meningkatkan trafik blog Kamu dengan drastis.

Ada 2 jenis trafik yang terdapat dalam blog yaitu adalah organic traffic dan paid traffic. trafik organik adalah trafik yang Kamu dapatkan secara alami tanpa harus "memaksanya". Sumber terbesar organic traffic adalah berasal dari pencarian, yaitu trafik yang Kamu dapatkan ketika seseorang mengetik pertanyaan atau kata kunci ke Google, posting blog Kamu muncul dalam hasil, dan mereka mengkliknya.

Kemudian, untuk paid traffic adalah sumber trafik yang Kamu "paksakan" dengan iklan. Jenis-jenis iklan yang sangat populer saat ini adalah Facebook advertising, Google AdWords, banner ads, iklan Twitter, dan lainnya.

Sebenarnya karena ada 2 jenis trafik ini, Kamu tidak benar-benar sedang dalam "masalah" trafik. Artinya, Kamu dapat membayar trafik kapan pun Kamu membutuhkannya, terutama saat di awal-awal. Namun, trafik organik adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran konten jangka panjang, jadi jangan mengabaikannya.

Berikut ini adalah 6 cara dalam meningkatkan trafik blog Kamu:

1. Berpeganglah pada artikel pilar

Dalam menulis, fokuslah pada penulisan satu artikel pilar yang mencakup semuanya, daripada menulis banyak postingan blog yang saling berbeda yang semuanya terkait dengan topik yang sama. (Artikel pilar adalah postingan berkualitas tertinggi yang mendorong sebagian besar traffic website.)

2. Segarkan konten lama

Karena artikel pilar bermanfaat bagi pembaca dan menarik banyak traffic, pastikanlah untuk memperbaruinya secara berkala. Dan akan lebih baik jika menambah lebih banyak informasi di dalam konten untuk membuatnya lebih baik dan lebih relevan.

Google suka dengan artikel yang segar dan baru. Namun alih-alih menulis pos baru, cukup dengan mengambil artikel pilar yang sudah lama dan menyegarkannya sehingga memudahkan pengunjung untuk selalu menemukan konten yang paling bermanfaat.

Inilah cara-cara dalam menyegarkan konten lama:
  • Tingkatkan konten
  • Tambahkan lebih banyak konten
  • Tambahkan lebih banyak gambar
  • Hapus semua informasi yang sudah ketinggalan/tidak berlaku
  • Tambahkan lebih banyak informasi terkini

3. Crosslink konten pilar

Google memiliki waktu yang lebih mudah untuk mengindeks postinganmu, dan memahami konten apa yang paling penting ketika kamu melakukan crosslink pada postinganmu.

Bagi yang belum tahu apa itu Crosslink, Crosslink berarti bahwa postingan baru di blog Kamu menyertakan link ke postingan blog yang lebih lama.

4. Hasilkan backlink

Backlink (tautan di situs web lain yang mengarah ke situs web Kamu) adalah faktor SEO yang sangat penting di Google. Itu karena Google melihat berapa banyak backlink yang Kamu miliki (dan seberapa otoritatif backlink tersebut) saat menentukan pentingnya artikel Kamu.

5. Berikan pembacanya apa yang sebenarnya mereka inginkan

Saya pernah melihat suatu survei yang dimana sang blogger meneliti pembacanya sendiri untuk mencari tahu apa yang ingin mereka baca.

Di hasil survei tersebut, kebanyakan responden banyak kecewa dengan isi postingan yang kurang sesuai dengan judul, mereka sangat menyayangkan dengan tindakan blogger yang "menipu" pengunjung dan enggan untuk mengunjungi kembali blog tersebut. Karena itu kita harus lebih memerhatikan postingan yang kita buat dengan judulnya.

6. Tambahkan lebih banyak gambar

Faktanya, artikel dengan gambar mendapatkan 94% lebih banyak views daripada yang tidak.

Kalian pasti sudah tahu bahwa gambar itu penting. ketika kalian melihat konten orang yang populer, kalian pasti akan melihat berapa banyak gambar yang mereka sertakan. Jadi, putuskanlah agar secara sistematis meningkatkan jumlah gambar di pos dan lihatlah efeknya.

Kuncinya, Semakin banyak gambar yang digunakan, semakin meningkat trafik website Kamu!


Sekian dulu tips yang dapat saya berikan dalam meningkatkan trafik blog Anda, jika dirasa bermanfaat dan menambah wawasan silakan Anda share dan jangan lupa untuk komentar dibawah. Terima kasih.


Share Post ini

Related Posts

Previous
Next Post »