Sering Lihat Tapi Gak Pernah Tahu? Ini Dia Perbedaan HTTP dengan HTTPS


HTTP dan HTTPS: Apa fungsinya, dan apa perbedaannya?

Ketika Kamu mengeklik suatu website jual-beli online. Pernahkah tiba-tiba address bar browser berubah menjadi HTTPS bukan HTTP. Sebenarnya apa yang terjadi? Apakah informasi kartu kredit Kamu akan aman?

Artinya, itu pertanda baik. Dengan begitu informasi Kamu akan aman. Situs web tempat Kamu bertransaksi telah memastikan bahwa tidak ada yang dapat mencuri informasi pribadi Kalian. Sebagai ganti HTTP (HyperText Transfer Protocol), situs web tersebut menggunakan HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure).

Dengan menggunakan HTTPS, komputer berarti menyetujui suatu "kode", dan kemudian mereka akan mengacak pesan menggunakan "kode" tersebut sehingga tidak ada seorang pun selain pengirim dan penerima yang dapat membacanya. Ini menjaga informasi Kamu aman dari peretas. Singkatnya berbagai data penting semacam informasi kartu kredit akan terenskripsi dengan aman.

HTTPS menggunakan "kode" pada Secure Sockets Layer (SSL), kadang disebut juga Transport Layer Security (TLS) untuk mengirim informasi secara bolak-balik.

Lalu, bagaimana cara kerja HTTP? Apa perbedaan HTTPS dengan HTTP? Tutorial ini akan mengajarkan Anda tentang SSL, HTTP, dan HTTPS.

Bagaimana Cara Kerja HTTP?

Pada awalnya, administrator jaringan harus mencari tahu bagaimana membagi informasi yang mereka masukkan di Internet. Mereka menyetujui prosedur untuk bertukar informasi dan menyebutnya HyperText Transfer Protocol (HTTP).

Setelah banyak orang tahu cara untuk bertukar informasi, mencegat di Internet tidaklah sulit. Jadi administrator yang 'berpengetahuan' akan menyetujui prosedur untuk melindungi informasi yang mereka tukarkan. Perlindungan itu bergantung pada Sertifikat SSL untuk mengenkripsi data-data online.

Prosedur untuk mengenkripsi informasi dan kemudian menukarnya disebut HyperText Transfer Protocol Secure (HTTPS).

Dengan HTTPS, jika siapa pun selain di antara pengirim dan penerima dapat membuka suatu pesan, mereka masih tidak dapat memahaminya. Hanya pengirim dan penerima yang dapat mengetahui "kode" dan menguraikan pesan.


Manusia dapat menyandikan dokumen mereka sendiri, tetapi komputer dapat melakukannya lebih cepat dan lebih efisien. Untuk melakukan ini, di setiap ujungnya, komputer menggunakan dokumen yang disebut "Sertifikat SSL" berisi string karakter yang merupakan kunci untuk "kode" rahasia.

Sertifikat SSL mengandung "public key." pemilik komputer.

Pemilik akan berbagi public key dengan siapa saja yang membutuhkannya. Pengguna lain membutuhkan public key untuk mengenkripsi pesan kepada pemilik. Kemudian Pemilik akan mengirimkan pengguna sertifikat SSL, yang berisi public key. Tetapi Pemilik tidak membagikan private key dengan siapa pun.

Keamanan saat sedang transfer disebut dengan Secure Sockets Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS).

Prosedur untuk pertukaran public key menggunakan Sertifikat SSL dan untuk mengaktifkan HTTPS, SSL dan TLS disebut Public Key Infrastructure (PKI).

Sekian artikel tentang Perbedaan HTTP dengan HTTPS. Terima kasih.

Share Post ini

Related Posts

Previous
Next Post »